Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Hukum Bacaaan Tajwid Pada Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas Jurumiyah Di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur

Komariyah, Asna (2021) Implementasi Hukum Bacaaan Tajwid Pada Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas Jurumiyah Di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI(2).pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab yang dijadikan pedoman oleh umat Islam agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, yang apabila salah ketika membacanya maka akan memiliki arti yang berbeda yaitu tidak sesuai dengan makna aslinya. Ilmu tajwid yaitu ilmu yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Penelitian ini bertujuan untuk Bagaimana Implementasi Hukum Bacaan Tajwid pada kitab Tuhfatul Athfal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dikumpulkan dengan metode tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sudah dalam kategori baik, yakni dengan menggunakan metode-metode yang dilakukan ustadz pada saat menyampaikan materi,seperti metode sorogan (bertatap muka), belajar menggunakan metode tanya jawab dan praktik membaca Al-Qur’an dengan mengimplementasikan hukum bacaan tajwid yang sudah dipelajar hingga santri benar-benar tahu bacaan dalam Al -qur’an. Dan hasilnya kemampuan santri dalam membaca al-qur’an menjadi lebih baik dengan adanya praktik membaca al-qur’an satu persatu sesuai dengan hukum bacaan tajwid dan tentunya dengan pembelajaran ilmu tajwid yang dilaksanakan secara maksimal.

Berdasarkan hasil tes kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid yang dilakukan dengan 20 santri dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan dapat menjadikan santri lebih meningkat dalam kemampuan membaca Al-Qur’an dan penguasaan ilmu tajwid, terbukti dengan hasil nilai dari tes yang dilakukan oleh penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:06
Last Modified: 16 Aug 2022 01:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item