Mahya, M. Nafis (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Sub Materi ASEAN di MTs Darussalam Tulung Singkip. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI M. NAFIS MAHYA -1701080018 - T.IPS.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi yang digunakan oleh guru IPS di MTs Darussalam masih terbilang belum optimal dan media pembelajaran yang digunakan masih berupa media-media pembelajaran lama dan terkadang menggunakan power point. Sehingga peserta didik merasa bosan dan kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru terutama dalam salah satu pembahasan mengenai ASEAN. Berdasarkan hal tersebut diperlukannya inovasi untuk membuat media pembelajaran baru yang lebih efektif dan tidak terkesan monoton.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran menggunakan Software Adobe Flash pada materi ASEAN. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan. Pengembangan produk, validasi produk, revisi hasil validasi, uji coba produk, revisi produk.
Hasil akhir dari validasi produk dinyatakan sangat layak dengan rata-rata presentase penilaian sebesar 84,61%. Hasil tersebut terdiri dari validator ahli materi dengan persentase 91,66%, validator ahli media dengan presentase 80,53%, dan validator ahli bahasa dengan presentase 81,66%. Dan hasil uji coba produk media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat layak dengan persentase 81% oleh siswa kelas VIII MTs Darussalam.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Adobe Flash, ASEAN
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 07:11 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6165 |
Actions (login required)
View Item |