Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Power Point Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Waway Karya

Maharani, Ayu (2022) Implementasi Power Point Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Waway Karya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU MAHARANI -1801010017- PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam cenderung membuat siswa cepat bosan, yang dimana penyampaian materi dengan lisan maupun dengan buku cetak atau sekedar dengan menulis di papan tulis, dalam kondisi seperti ini media yang tepat digunakan adalah media pembelajaran power point karena untuk mengatasi pembelajaran yang cukup membosankan bagi peserta didik didalam kelas, karena didalam media ini juga sangat banyak fitur-fitur yang menarik sehingga membuat peserta didik merespon dan memperhatikan materi dengan efektif ketika sedang belajar.

Pertanyaan penelitian ini ialah Bagaimana cara mengimplementasikan power point dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Waway Karya?, apa saja faktor penghambat dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Waway Karya?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengimplementasikan power point dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Waway Karya dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Waway Karya.

Jenis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang di gunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek menggunakan triangulasi teknik.

Berdasarkan hasil penelitian, cara mengimplementasikan power point yaitu dengan guru membuat slide power point yang berisi materi pembelajaran. Guru semaksimal mungkin memberikan materi kepada peserta didik agar mereka paham dengan materi yang sedang disampaikan. Dalam pembelajaran menggunakan media power point harus mempersiapkan materi pelajaran, lalu mempersiapkan alat-alat yang diperlukan dalam menggunakan media power point dan selanjutnya guru menyampaikan materi di dalam kelas. Faktor penghambatnya yaitu masih banyak guru yang belum terlalu bisa mengaplikasikan power point dengan baik sehingga membuat pelajaran tidak efektif dan juga fasilitas sekolah yang kurang mendukung karena sering kalinya listrik mati, proyektor bergantian dengan kelas lainnya.

Kata kunci: Power Point, efektivitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:11
Last Modified: 22 Aug 2022 07:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item View Item