Jannah, Ikma Isfatul (2022) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI MA Ma`arif 9 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI IKMA ISFATUL JANNAH -1801010055 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Lingkungan sekolah merupakan kondisi di dalam dunia pendidikan yang resmi mempengaruhi tingkah laku dan perkembangan. Lingkungan sekolah yang baik akan menumbuhkan dorongan atau motivasi belajar siswa yang baik pula. Motivasi memegang peranan penting dalam pembelajaran. Terkait dengan mata pelajaran Fiqih lebih kepada metode mengajar dan alat pelajaran yang digunakan untuk memotivasi siswa dalam belajar. Karena terdapat beberapa materi yang memerlukan keterampilan guru dalam mengajar. Lingkungan sekolah meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi siswa dengan guru, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar belajar di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah. Hal tersebut membuktikan bahwa lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang cukup penting bagi siswa dalam meraih prestasi belajarnya semakin baik lingkungan sekolah maka semakin kuat motivasi siswa dalam belajar lebih giat untuk meraih prestasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI MA Ma`arif 9 Kotagajah ?”
Sedangkan tujuannya untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI MA. Ma`arif 9 Kotagajah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Metode angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 20 item pernyataan dan 15 item pernyataan untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI MA. Ma`Arif 9 Kotagajah.” Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 80 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 66 siswa.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan rumus korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan, maka dalam penelitian ini ditunjukkan nilai rhitung sebesar 0,538. Dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,538 dan rtabel sebesar 0,235 dengan taraf signifikan 5%, artinya rhitung> rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh cukup lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MA. Ma`arif 9 Kotagajah.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 07:11 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6171 |
Actions (login required)
View Item |