Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Etnomatematika

Mahfudiah, Lu’lu’ (2022) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Etnomatematika. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LU'LU' MAHFUDIAH -1801041023 - TMTK.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seorang individu dalam merumuskan, menggunakan serta menafsirkan matematika dengan berbagai konteks. Literasi matematis dapat membantu seseorang untuk mengenal fungsi matematika dalam dunia serta membantu mengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan. Soal-soal berbasis etnomatematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari disuguhkan agar siswa dapat menelaah masalah dengan cara bernalar dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa mampu mengkomunikasikan pendapatnya secara baik dan tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan soal berbasis etnomatematika kelas X SMK Al-asror Sekampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods yaitu kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif yaitu populasi pada penelitian ini berjumlah 40 siswa. Sampel berjumlah 6 siswa yang terdiri dari siswa berkemampuan literasi matematis tinggi, sedang dan rendah dengan memakai teknik sampling stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan 4 butir soal uraian berbasis etnomatematika pada materi trigonometri. Kualitatif yaitu sumber data primer guru dan siswa, sumber skunder guru, jurnal ilmian dan buku. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis siswa rata-rata memiliki kemapuan sedang, ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek pemahaman, penerapan, penalaran serta komunikasi maka didapatkan bahwa siswa kelas X SMK Al-Asror Sekampung dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan literasi matematisnya, dari aspek pemahaman siswa mampu menyelesaikan serta memahami masalah namun tetapi belum menyelesaikan dengan tepat, aspek penalaran siswa belum sepenuhnya mampu memahami masalah yang disajikan artinya siswa belum mampu memakai konsep, fakta, dan prosedur untuk merumuskan menyajikan serta menyelesaikan masalah matematika terbukti mereka menuliskan informasi soal tetapi tidak menjawab soal tersebut. Aspek penerapan siswa belum memahami sepenuhnya permaslahan yang disajikan artinya belum bisa memakai konsep, fakta, serta prosedur untuk merumuskan menyajikan dan menyelesaikan masalah matematika, dan aspek komunikasi siswa dituntut untuk mampu mengkomunikasikan penjelasan serta penyelesaian masalah.

Kata Kunci : Literasi Matematis, Soal-Soal Etnomatematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:42
Last Modified: 18 Aug 2022 08:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item View Item