Fatmawati, . (2022) Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di SD Negeri 6 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FATMAWATI -1801052010 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang ada dalam diri siswa yaitu rendahnya semangat belajar, seperti siswa tidak berani menjawab pertanyaan guru, dan pemahaman siswa yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit di pahami. Faktor eksternal berasal dari pembelajaran yang masih berpusat kepada guru. Adapun faktor lain seperti kurangnya daya tarik siswa dalam proses pembelajaran karena guru masih menggunakan media yang belum bervariatif, maka sulit bagi siswa untuk menerima materi matematika dengan baik serta hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan alat peraga pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat pada materi pengukuran sudut.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Lokasi pada penelitian ini di kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat dengan sampel siswa 26 orang terdiri dari laki-laki 16 orang siswa dan perempuan 10 orang siswa. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan alat peraga dalam pembelajaran pengukuran sudut mata pelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data dalam menggunakan alat peraga ini berupa observasi, tes hasil belajar untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam penerapan penggunaan alat peraga pada mata pelajaran matematika, dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang tertulis tentang hasil belajar sebelumnya, arsip, foto dan data sekolah yang diperlukan dalam penelitian. Teknik Analisi data menggunakan Analisis Data Kualitatif dan Analisis Data Kuantitatif dengan rumus statistik sederhana.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat. Peningkatan hasil belajar tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil dari siklus I ke siklus II. Peningkatan Peresentase ketuntasan belajar siswa di tandai ketuntasan pada siklus I mencapai 62% siswa dan pada siklus II mencapai 81% siswa sudah mencapai KKM ≥ 66 dari jumlah keseluruhan siswa 26 siswa. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 19% terhadap materi pengukuran sudut pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga pada setiap pertemuan dan setiap siklus.
Kata-kata kunci: Alat Peraga Model Permainan Mekano, Hasil Belajar dan Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 08:41 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 08:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6182 |
Actions (login required)
View Item |