Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Dalam Penggunaan Produk Murobahah (Studi Kasus Pada BMT As-Syafi’iah Berkah Nasional Tanjung Inten Kec.Purbolinggo)

Rizki, Zana Yunfa (2022) Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Dalam Penggunaan Produk Murobahah (Studi Kasus Pada BMT As-Syafi’iah Berkah Nasional Tanjung Inten Kec.Purbolinggo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ZANA YUNFA RIZKI -1704100192 -S1 PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli dimana penjual memberitahu harga perolehan dan biaya-biaya dari barang tersebut kepada calon pembeli dan penjual dengan kesepakatan bersama.Minat adalah perasaan suka pada suatu hal ataupun aktivitas yang memberi perhatian disertai dengan perasaan senang.Minatakan mempengaruhi seseorang untuk melakukan transaksi dengan cara berfikir yang pada akhirnya terwujud dalam sebuah pemahaman pada pembiayaan murabahah. Pemahaman ini yang kurang lebih disebut persepsi.

Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang strategi pemasaran terhadap minat masyarakat dalam penggunaan produk murabahah. metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuali tatif. Sumber data yang digunakan yaitu suber data primer dan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada karyawan dan anggota pembiayaan murabahah BMT As-Syafi’iah Berkah Nasional Tanjung Inten Kabupaten Purbolinggo, sedangkan dokumentasi diperoleh dari ptofil, brosur dan produk-pruduk BMT As-Syafi’iah Berkah Nasional. Semua data-data dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT As-Syafi’iah Berkah Nasional tidak terlepas dari unsure-unsur bauran pemasaran, yang terdiri dari strategi tempat, strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi orang, strategi proses, dan strategi bukti fisik. Berdasarkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT As-Syafi’iah Berkah Nasional pada pembiayaan murabahah yang mampu dalam meningkatkan jumlah anngota yaitu dengan cara strategi produk, strategi harga dan strategi promosi.

Kata Kunci: Strategi pemasaran, Minat, Produk Murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Sep 2022 00:48
Last Modified: 20 Sep 2022 00:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item View Item