Seftiani, Alfira (2022) Peran Pelayanan Service Kunjung Sepeda Motor Dalam Meningkatkan Pendapatan Guru Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bengkel Keliling SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ALFIRA SEFTIANI -1804041010 - ESy.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Bengkel keliling merupakan layanan penyediaan service kendaraan sepeda motor, secara langsung turun kelapangan dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam memperbaiki kendaraan sepeda motor dilokasi kerusakan. Tingkat kesibukan masyarakat yang semakin tinggi dan kurangnya tingkat kesejahteraan sebagian masyarakatnya, yang menjadikan berdirinya bengkel keliling sebagai tempat mencari pendapatan tambahan oleh para guru produktif non sertifikasi SMK Ma’arif Purbolinggo diluar jam mengajar, dikarena honor yang didapatkan tidak rutin setiap bulannya turun menjadikan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peranan pelayanan service kunjung sepeda motor dalam membantu meningkatkan pendapatan guru produktif non sertifikasi SMK Ma’arif Nu 1 Purbolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Lapangan (field research) yang memiliki sifat deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara peneliti memilih menggunakan teknik semi terstruktur (semi structure interview) dimana sempel diperoleh lebih bebas namun dalam ruang lingkup wawancara, yang dilakukan terhadap pendiri bengkel keliling, team mekanik dan pelanggan bengkel keliling SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo, dengan menggunakan teknik snowball sampling.
Temuan pada penelitian ini adalah bengkel keliling telah berpotensi dalam membantu meningkatkan pendapatan para guru produktif non sertifikasi dari bidang otomotif dengan melakukan pelayanan service kepada masyarakat secara langsung. Pelayanan service kunjung sepeda motor mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Kecamatan Purbolinggo, bahwa pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan sangat bagus, pelayanan service sepeda motor yang disediakan pun sangat banyak baik dari segi perbaikan ringan, sedang, hingga berat, dan dari segi kualitas hasil servicean yang rapih, tarif harga jasa perbaikan yang terjangkau, harga-harga sparepart yang dijual sangat terjangkau, serta perlakukan para mekanik kepada pelanggan selalu membuat nyaman para pelanggan.
Kata kunci: Peran, Pelayanan, Meningkatkan Pendapatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 00:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 00:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6189 |
Actions (login required)
View Item |