Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTs Ma’arif 02 Kotagajah

Sari, Anika Ferninda (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTs Ma’arif 02 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANIKA FERNINDA SARI -1801040002 - TMTK.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian video pembelajaran melalui pendekatan etnomatematika yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar video pembelajaran etnomatematika pada objek-objek budaya lampung seperti, bangunan rumah adat, motif kain tapis, pola lantai dan gerakan tari sigeh pengunten dan bentuk menara siger dalam memahami konsep bangun segiempat dan segitiga berdasarkan tingkat kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian pengembangan riset and development. Tahap penelitian ini dirancang menggunakan langkah-langkah model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Pada tahap Implementation (penerapan), hanya menggunakan uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli media dan ahli materi untuk aspek kevalidan, dan angket respon peserta didik untuk aspek kepraktisan. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan nilai kelayakan memenuhi kategori sangat layak karena diperoleh hasil rata-rata keseluruhan dari ahli materi yaitu 3,49 dan ahli media mendapat hasil rata-rata keseluruhan 3,45. Hasil aspek kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada sembilan peserta didik memenuhi kategori sangat praktis karena diperoleh hasil rata-rata keseluruhan 3,58 .

Kata Kunci : Pengembangan Video Pembelajaran, Etnomatematika, Segiempat dan Segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:09
Last Modified: 16 Sep 2022 09:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6199

Actions (login required)

View Item View Item