Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Tipe TPS (Think Pair Share) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP N 3 Batang Hari Lampung Timur Tahun 2019/2020

Muharam, Galang Rino (2019) Penggunaan Tipe TPS (Think Pair Share) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP N 3 Batang Hari Lampung Timur Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Galang Rino Muharam _ 1501010257 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Usaha meningkatkan hasil belajar siswa merupakan permasalahan yang sering terjadi di dalam dunia pendidikan. Karena merupakan tanggung jawab guru dalam melihat perkembangan siswa dalam setiap proses pembelajaran. Pendekatan dalam pembelajaran sangat penting untuk terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Guru berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learningtipe Think-Pair-Share(TPS) yang mengoptimalkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah penggunaan model model cooperative learningtipe Think-Pair-Share(TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelasVIISMP N3Batang Hari Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelasVIISMP N3Batang Hari setelah menggunakan model pembelajaran model cooperative learningtipe Think-Pair-Share(TPS)Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Siklus I dan Siklus II yang dilaksanakan di kelas VIISMP N3Batang Hari Tahun Pelajaran 2019/2020 menggunkan teknik pengumpulan data observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati dan mencatat gejala yang terjadi pada kegiatan pembelajaran. Tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakn soal pretest dan posttest Siklus I dan Siklus II. Dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dan profil sekolah.

Berdasarkan analisis data, maka dapat diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar meningkat, pada siklus I sebesar 62,50 %, dan siklus II sebesar91,67 %dan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learningtipe Think-Pair-Share(TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAISMP Negeri3 Batang Hari LampungTimut Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:11
Last Modified: 09 Jan 2020 04:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item