Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Marketing Produk Pembiayaan Mikro Pada BSI KCP Sribhawono, Lampung Timur

Wulandari, Indah (2022) Strategi Marketing Produk Pembiayaan Mikro Pada BSI KCP Sribhawono, Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI INDAH WULANDARI -1704100139 - S1 PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk tetap hidup dan berkembang; tujuan tersebut hanya dapat dicapai melalui usaha. Melalui usaha mencari dan membina langganan, serta usaha menguasai pasar. Tujuan ini dapat dicapai apabila bagian marketing perusahaan melakukan strategi yang baik untuk menggunakan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan dipasar dapat diperhatikan dan sekaligus ditingkatkan. Strategi marketing adalah wujud rencana yang terarah di bidang pemasaran untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Strategi marketing diartikan sebagai serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing masing tingkatan serta lokasinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marketing dalam meningkatkan produk pembiayaan mikro pada BSI KCP Sribhawono, Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian terkait strategi marketing yang digunakan di BSI KCP Sribhawono dalam meningkatkan produk pembiayaan mikro dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan di BSI KCP Sribhawono yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi diversifikasi. Strategi penetrasi pasar dilakukan dengan cara door to door, promosi melalui forum jual beli atau melalui sosial media, channeling (mencari nasabah dari nasabah), dan terjun langsung ke pasar yang di mana banyak orang atau masyarakat berkumpul. Jumlah pembiayaan mikro di BSI KCP Sribhawono terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, perkembangan jumlah Nasabah Pembiayaan Mikro periode 2017-2021 tidak mengalami peningkatan seperti halnya jumlah pembiayaan yang ada peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2018 jumlah nasabah pembiyaan mikro mengalami penurunan yaitu 162 nasabah dari tahun sebelumnya 192 nasabah. Hal ini dapat terjadi karena meskipun nasabah menurun, namun jumlah pembiayaannya dapat naik karena nasabah meminjam lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:39
Last Modified: 13 Sep 2022 08:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item