Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Model Blended Learning Di SD Negeri 9 Tegineneng

Hidayah, Ilah Robiatin (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Model Blended Learning Di SD Negeri 9 Tegineneng. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ILAH ROBIATIN HIDAYAH NPM. 1801052012 - PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Skema pembelajaran menggunakan metode blended learning, dimana dalam metode ini peserta didik dihadirkan 50% di sekolah, dan sebagiannya diberi tugas yang nantinya peserta didik akan belajar secara mandiri. Kurangnya minat dalam mengerjakan tugas, tidak memperhatikan dan mendengarkan guru saat proses pembelajaran berlangsung, mengobrol dengan teman sebangku, dan telat mengumpulkan tugas. Keberhasilan proses pembelajaran akan terjadi jika peserta didik mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Matematika berbasis model blended learning dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran Matematika berbasis model blended learning di kelas V SD Negeri 9 Tegineneng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer wawancara kepala sekolah dan guru kelas, dan sumber data skunder yaitu wawancara peserta didik, dokumen, foto, dan buku yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil data penelitian yang diperoleh adalah upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika berbasis blended learning di kelas V SD Negeri 9 Tegineneng adalah pada pembelajaran tatap muka adalah mempersiapkan pelajaran dengan baik dan maksimal, menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, memberikan motivasi atau nasihat, melakukan ulangan, pemberian nilai, pemberian punishment, dan pemberian reward. Sedangkan pada proses pembelajaran online yaitu membuka kelas dengan kata kata motivasi dan semangat, mengirimkan materi dan tugas dengan mengirim foto, mengingatkan untuk mengumpulkan tugas, dan pemberian nilai dan pujian.

Kata kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Blended Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:32
Last Modified: 13 Sep 2022 08:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item