Khafifah, Ranisa (2022) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI Muhammadiyah Wonosari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RANISA KHAFIFAH NPM. 1801050040 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Peneletian ini di latarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan psikomotorik siswa MI Muhammadiyah Wonosari pada pembelajaran tematik. Siswa MI Muhammadiyah terkhusus kelas III cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh pada tingkat kemampuan psikomotorik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan psikomotorik siswa kelas III MI Muhammadiyah Wonosari pada pembelajaran tematik dengan diterapkannya metode demonstrasi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 26 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan psikomotorik siswa serta dokumentasi untuk mengetahui profil dan keadaan sekolah, dengan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian dengan menerapkan metode demonstrasi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aspek kemampuan psikomotorik siswa pada siklus I mencapai 67% dan pada siklus II yaitu mencapai 81% sehingga persentase aspek kemampuan psikomotorik siswa dari sikllus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 14%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas III MI Muhammadiyah Wonosari pada pembelajaran tematik materi Tema 6 Energi dan Perubahannya, Subtema 4 Penghematan Energi.
Kata kunci: Kemampuan Psikomotorik, Metode Demonstrasi, dan Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 08:35 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6277 |
Actions (login required)
View Item |