Fitriyani, Anis (2022) Urgensi Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Literatur Review). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANIS FITRIYANI -1801080002- IPS.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Berbagai jenis permasalah yang sering muncul dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh setiap jenjang pendidikan salah satunya motivasi belajar menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi penunjang dalam meningkatnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS serta menggambarkan upaya yang paling ideal yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan menggunakan kajian kepustakaan. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pencarian artikel yang secara open acces tersimpan dalam basis data Google Schoolar. Artikel yang dikumpulkan adalah yang terbit pada tahun 2010-2021. Hasil dari literatur review 15 jurnal adalah terdapat dua faktor yang paling dominan mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan siswa, bakat, minat, sikap dan cara belajar. Sedangkan faktor eksternal meliputi kemampuan guru, suasana belajar, fasilitas belajar, metode pembelajaran serta lingkungan sekolah. Selain itu upaya yang paling ideal yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa adalah dengan cara menerapkan dan merubah metode serta media pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif dan cenderung tidak membosankan bagi siswa. Guru menjadi fasilitator dan yang bertanggung jawab atas keberhasilan suatu pembelajaran yang didasari oleh motivasi belajar siswa. Urgensi motivasi siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan adanya motivasi belajar maka proses pembelajaran akan mudah dilalui oleh siswa maupun guru. Dengan adanya motivasi menjadi daya tarik atau menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih semangat dalam belajar namun sebaliknya jika tidak adanya motivasi maka pembelajaran akan melemah dan tujuan dari pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Maka motivasi sangat penting dan diperlukan oleh siswa sehingga peserta didik memiliki dorongan dan semangat dalam proses pembelajaran.
Kata kunci :Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 08:32 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6288 |
Actions (login required)
View Item |