Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Peserta Didik di SMAN 1 Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

Safitri, Nikma Pujiana (2019) Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Peserta Didik di SMAN 1 Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NIKMA PUJIANA SAFITRI (NPM. 1501010090) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bermain game banyak dilakukan oleh peserta didik. Permainan adalah merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang membuat ia merasa senang dan merasa terhibur dengan hal tersebutpeserta didik yang mempunyai bermain game akan mengganggu segala aktifitasnya termasuk belajar dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik karna peserta didik lebih asik bermain game.Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor internal danfaktor eksternal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Kebiasaan Bermain Game terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Terusan Nunyai kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Kebiasaan Bermain Game terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Terusan Nunyai kabupaten Lampung Tengah. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh Kebiasaan Bermain Game terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Populasi pada penelitian ini adalah 185 siswa yaitu dari kelas XI IPS 1 sampai XI IPS 3 dan XI IPA 1 sampai XI IPA 3, untuk sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden di kelas XI IPS 1.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket)dan dokumentasi. Angket tersebut ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang pengaruh Kebiasaan Bermain Game. Dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar, sejarah sekolahan dan lain sebagainya.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh Kebiasaan Bermain Game terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Terusan Nunyai kabupaten Lampung Tengah. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang menunjukan bahwa harga Chi Kuadrat hitung sebesar 76.099 lebih besar dari pada Chi Kuadrat tabel dengan signifikan 1 % maupun 5%. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternative (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:51
Last Modified: 09 Jan 2020 04:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item