Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayan Islam Kelas VII Di MTs Mambaul Ulum Metro

Hasanah, Siti Karomatul (2022) Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayan Islam Kelas VII Di MTs Mambaul Ulum Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SCAN SKRIPSI SITI HASANAH 123 - Siti Karomatul Hasanah.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas menggunakan dua siklus melalui penggunaan metode Bermain Peran untuk menunjukkan hasil penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar bahwa siswa kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mambaul Ulum MetroTahun Pelajaran 2021/2022 .

Satu tahapan siklus pembelajaran meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mambaul Ulum Metro Tahun Pelajaran 2021/2022, sebanyak 20 siswa.

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, hasil belajar, siswa dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggambarkan analisa kualitatif dan kuantitatif.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,25% pada siklus II sebesar 80% mengalami peningkatan sebesar 5,75% hal ini sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 75.

Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Mambaul Ulum Metro Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci : penerapan, metode bermain peran, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:38
Last Modified: 07 Sep 2022 01:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item