Putri, Atika (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MI Miftahul Huda, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI ATIKA PUTRI - 1801051012 - atika putri.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang lebih dominan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Faktanya di Indonesia pembelajaran daring sudah pernah dijalankan sebelum adanya pandemi. Meski begitu, pembelajaran daring sepertinya belum dapat dilaksanakan dengan baik di Indonesia. Banyak faktor di antaranya seperti kesiapan murid dalam menerima perubahan sistem pembelajaran, kurangnya pendampingan guru selama pembelajaran daring dan interaksi antar siswa secara tidak nyata akan mempengaruhi emosional siswa. Sulitnya guru berinovasi saat melaksanakan proses pembelajaran dan siswa ketergantungan dengan menyalin jawaban diinternet menyebabkan kualitas pengetahuan siswa dapat menurun. Selain itu, teknologi yang belum memadai dapat menghambat semangat siswa dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian eksperimen. Data diolah menggunakan teknik analisis product moment yang dibantu dengan menggunakan aplikassi SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa dari populasi yang ada di kelas V MI Miftahul Huda Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket untuk mencari tahu variabel X dan variabel Y serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar pada diri siswa. Mealui perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa terdapat kontribusi atau peranan pembelajaran daring sebesar 20.1% terhadap minat belajar matematika pada diri siswa MI Miftahul Huda. Sementara 79.9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi person (product moment) yang memiliki thitung sebesar 2.186 > ttabel 1729. Ha diterima, sehingga diketahui bahwa ada pengaruh yang positif antara pembelajaran daring terhadap minat belajar pada diri siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:12 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6299 |
Actions (login required)
View Item |