Saputri, Mia (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 3 Margototo dengan Menggunakan Pembelajaran SAS (Struktur Analisis Sintesis). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI MIA SAPUTRI-1 - Mia Saputri.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang didasari oleh kenyataan yang ada. Bahwa masih banyak ditemukan tingkat keterampilan membaca disekolah dasar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode SAS pada kelas III pada kelas III SDN 3 Margototo. Latar belakang yang menjadi dasar penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan membaca siswa kelas III SDN 3 Margototo.Dalam penelitian ini, memaparkan proses pelaksanaan penelitian mulai dari perencanaan, penentuan instrumen, proses, dan hasil proses.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan mengaplikasikan model yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto. Terdiri atas 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini sesuai dengan latar belakang yaitu kelas III Sekolah Dasar Negeri di kawasan Margototo, Metro Kibang yang berjumlah 15 siswa. Temuan penelitian ini dalam proses yaitu meningkatnya rata-rata hasil observasi terhadap siswa sebesar 40%. pada siklus I sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 80%. Setiap siklus selalu membawa dampak positif kearah peningkatan perkembangan kemampuan membaca siswa kelas III SDN 3 Margototo, Metro Kibang tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6309 |
Actions (login required)
View Item |