Ningsya, Nur Eli (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Kemudahan, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Brilink. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI NUR ELI NINGSYA - 1804100071 - Ely Elyza.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Keputusan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kualitas pelayanan, kemudahan dan rasa kepuasan adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi kemudahan dan kepuasan nasabah terhadap keputusan pembelian jasa BRILink di agen Umi Hartika Kecamatan Sukadana . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistik deskriptif dan sumber data primer dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert serta nasabah yang menggunakan jasa BRILink pada agen Umi Hartika sebagai populasi. Tekhnik pengambilan sampel secara kebetulan pada nasabah untuk dijadikan responden. Penelitian ini menggunakan rumus slovin untuk mengambil jumlah sampel dan didapatkan sampel sebanyak 88 responden. Data yang telah didapatkan kemudian diolah dengan aplikasi SPSS versi 25. Penelitian ini di analisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji F, dan uji koefisien Determinan(R2 ) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t pada variabel Kualitas Pelayanan (X1) mendapatkan nilai thitung = 7,202 ≥ ttabel = 1,991, H0 ditolak dan H1 diterima artinya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Persepsi Kemudahan(X2) mendapatkan nilai thitung = 8,024 ≥ ttabel = 1,991, H0 ditolak dan H1 diterima artiya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan Kepuasan Nasabah (X3) mendapatkan nilai thitung = 5,776 ≥ ttabel = 1,991, H0 ditolak dan H1 diterima artinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinan secara parsial bahwa Kualitas pelayanan (X1) sebesar 0,376 atau 37,6%, sehingga pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 37,6%. Persepsi kemudahan (X2) sebesar 0,428 atau 42,8% yang berarti pengaruh persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian sebesar 42,8%. Kepuasan Nasabah (X3) sebesar 0,280 atau 28% yang berarti bahwa pengaruh kepuasan nasabah terhadap keputusan pembelian sebesar 28%. Kemudin secara simultan sebesar 47,5% terhadap keputusan menggunakan jasa BRILInk, Sedangkan sisanya sebesar 52,5% keputusan pembelian masyarakat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan Nasabah, dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:22 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6310 |
Actions (login required)
View Item |