Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah:Studi Kasus Mi Nurul Falah Dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara

Sulistiyani, Dwi Irma (2019) Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah:Studi Kasus Mi Nurul Falah Dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi irma - dwi irma.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanpelaksaaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Bukit Kemuning dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Bukit Kemuning. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada kepala sekolah, pendidik fiqih danpeserta didik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Bukit Kemuning dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Bukit Kemuning. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dokumen sekolah seperti data tentang sejarah berdirinya sekolah, denahsekolah, struktur organisasi sekolah, visi dan misi sekolah, serta dokumen pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Bukit Kemuning dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Bukit Kemuning. Analisis data secara deskriptif kualitatif berdasarkan data lapangan yang di proses.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menyimpulkanpendekatan saintifik dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah Bukit Kemuning dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Bukit Kemuning telah diterapkan pendekatan saintifik berdasarkan 7 kriteria.Faktor penghambatpembelajaran pendekatan saintifikdi MI Nurul Falah Bukit Kemuning yaitu masih menggunakan alat seadanya dan kurangnya waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat di SD Islam Holistik Miftahul Ulum Bukit Kemuning kurangnya waktu yang diperlukan dalam proses pembelajarannya yang menyebabkan proses pembelajaran kurang maksimal. Faktor pendukung pembelajaran pendekatan saintifik di MI Nurul Falah Bukit Kemuning dan SD Islam Holistik Miftahul Ulum Bukit Kemuning telah menggunakan kurikulum 2013 yang menunjang pembelajaran jadi lebih rinci, detail, serta metode dan strategi menjadi bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 05:08
Last Modified: 09 Jan 2020 05:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item