Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro

Ningrum, Adetacia Ningrum (2022) Peranan Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANNISA ADETACIA NINGRUM NPM. 1601010229 - annisadetacia.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Keluarga merupakan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama mendapatkan didikan dan bimbingan. Dikatakan sebagai lingkungan yang pertama karena sebagian besar kehidupan anak adalah didalam keluarga sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga. Berdasarkan observasi motivasi yang diberikan orangtua hanya pada pembiayaan dan kata-kata atau nasehat, tetapi keseharian anak masih kurang mendapatkan perhatian karena sibuk dengan pekerjaan serta fasilitas yang diberikan orangtua kepada anak kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orangtua dalam memotivasi belajar anak di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro.

Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah ―Bagaimana peranan orangtua dalam memotivasi belajar anak di kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro?‖. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan (field research). Sifat penelitian ini deskriptif., yang mengambil lokasi di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil data penelitian yang diperoleh bahwa peranan yang dilakukan orangtua dalam memotivasi belajar anak yaitu orangtua sebagai panutan anak, fasilitator, dan motivator. Adapun bentuk motivasi yang dapat di berikan oleh orangtua kepada anak adalah hadiah, pujian, dan hukuman.Berdasarkan analisis data yang diadakan di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peranan orangtua dalam memotivasi belajar anak belum dikatakan baik karena motivasi hanya pada pembiayaan dan kata-kata atau nasehat, sedangkan keseharian anak masih kurang mendapatkan perhatian dari orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:33
Last Modified: 13 Sep 2022 08:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6329

Actions (login required)

View Item View Item