Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendampingan Orang Tua Dalam Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 3 Selorejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Ramadanti, Cici (2022) Pendampingan Orang Tua Dalam Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 3 Selorejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI - Cici ramadanti.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pendampingan orang tua terhadap aktivitas belajar anak sehingga anak sering tidak mengerjakan tugas tugas dari guru, minat belajar rendah dan siswa malas belajar sehingga prestasi belajar rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui bentuk pendampingan orang tua terhadap rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa SD Negeri 3 Selorejo dan Untuk mengetahui dampak positif adanya penpendampingan orang tua terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan, maka dapat dirumuskan pertanyaan penelitian yaitu, 1) Bagaimana bentuk pendampingan orang tua terhadap rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa SD Negeri 3 Selorejo?, 2) Apakah dampak positif adanya penpendampingan orang tua terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui bentuk pendampingan orang tua terhadap rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa SD Negeri 3 Selorejo, 2) Untuk mengetahui dampak positif adanya penpendampingan orang tua terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa

Jenis penelitian ini adalah kualitatif pendekatan study kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawncara dan dokumentasi. Agar menghasilkan penelitian yang kredible, maka peneliti melakukan penjaminan keabsahan data dengan cara triangulasi, adapun triangulasi yang digunakan peneliti adalah triangulasi teknik dan triangulasi, sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan langkah-langkah menurut Miles dan Huberman, antaranya, Pengumpulan Data, Reduksi Data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Verifikasi).

Berdasarkan hasil analisis data, hasi penelitian ini adalah bentuk pendampingan orang tua dalam melakukan pendampingan aktivitas belajar anak adalah sebagai berikut, yaitu dengan cara menyediakan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar anak di rumah, mengawasi penggunaan waktu belajar anak dirumah, membantu kesulitan yang dihadapi anak dalam belajar. setelah orang tua melakukan penpendampingan belajar kepada anak, maka telah membawa dampak positif terhadap siswa SD 3 Salerejo. Diantara dampak positif yang terjadi adalah anak menjadi percaya diri, anak merasa terawasi, anak mengenali kekurangan dan kelebihan pada dirinya dan prestasi meningkat.

Kata kunci : Penpendampingan, Orang Tua, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:00
Last Modified: 13 Sep 2022 07:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6336

Actions (login required)

View Item View Item