Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih di Taman Pendidikan Al-Quran Yanbuur Rahmah Daarul Quran Tahun Ajaran 2020/2021

Khasanah, Rini Lailatul (2022) Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih di Taman Pendidikan Al-Quran Yanbuur Rahmah Daarul Quran Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI - rini Lailatul.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana dan prasarana untuk belajar, karena belajar dijadikan sebagai suatu proses dalam mendapatkan perubahan. Akan tetapi, dalam belajar dibutuhkan minat yang tinggi agar pembelajaran dapat berlangsung lancar dan siswa mampu paham akan materi yang sedang diajarkan, dan untuk menumbuhkan minat pada siswa diperlukan metode belajar agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Dalam pembelajaran fiqih yang memerlukan berbagai metode dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu didalam pembelajaran materi fiqih ibadah adalah metode demonstrasi, karena dalam belajar kegiatan peribadahan memerlukan peraga atau pendemostrasian, metode demonstrasi merupakan suatu metode dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif dan dapat membantu dalam mata pelajaran fiqih.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi wudhu di Taman Pendidikan Al-Quran Yanbuur Rahmah Daarul Quran Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Subjek penelitian ini adalah siswa siswi di TPQ Yanbuur Rahmah Daarul Quran Fajar Asri Lampung Tengah.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di TPQ Yanbuur Rahmah Daarul Quran mengalami peningkatan. Tingkat ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 27%, sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar 77% jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 50%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus. Dapat diketahui bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi wudhu di TPQ Yanbuur Rahmah Daarul Quran Fajar Asri.

KATA KUNCI : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:26
Last Modified: 13 Sep 2022 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6337

Actions (login required)

View Item View Item