Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 1 Gunung Tiga

Kristiana, Kristiana (2022) Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 1 Gunung Tiga. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] Text
SKRIPSI KRISTIANA_1701050103-1 - Kristiana.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini pendidikan secara tatap muka tidak dapat dilaksanakan akibat wabah suatu penyakit yang menyebar disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah covid-19. Dengan adanya virus COVID 19 di Indonesia saat ini berdampak bagi seluruh masyarakat. Salah satunya pendidikan, hal ini mengakibatkan segala kegiatan didalam dan diluar ruangan di semua sektor sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran corona terutama pada bidang pendidikan.

Rumusan masalah dalam penilitian ini Bagaimana perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian Serta kesiapa n gur u da n siswanya dala m proses kegiata n belajar mengajar secara daring di masa pandemi Adapu n tujua n penelitian ini Untu k mengetahui perencanaa n pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian serta kesiapan guru dan siswa di SDN 1 Gunung Tiga, dalam pembelajaran masa pandemi covid-19 ini

Bentuk penelitian yaitu penilitian kualitaif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa yang berada di kelas dua, guru serta orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.

Hasil dan kesimpulan penelitian ini antara lain terbagi menjadi tiga aspek yaitu dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran serta kesiapan guru dan siswa dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran masa pandemi dilaksanakan secara daring dengan menyusun perencanaan pembelajaran dari membuat materi, media pembelajaran serta membuat RPP sudah telaksana. Dalam proses pembelajaran meliputi metode, Strategi, alokasi waktu, pendekatan, sudah terlaksana adapun penilaian pembelajaran sebagai perencanaan pembelajaran online dilakukan dengan penilaian fortofolio berfokus pada penilaian kognitif peserta didik. hasil belajar diperoleh hasil belajar siswa tidak semua tercapai disebabkan berbagai faktor seperti siswa tidak mempunyai handphone, akses jaringan dll. Adapun kesiapan siswa sudah hampir memadai hanya beberapa siswa saja yang belum. Serta kesiapan guru dalam pembelajaran yakni dalam hal kondisi fisik, mental, dan emosional sangat siap, sedangkan dalam hal menyusun bahan ajar secara digital, alat elektronik untuk menunjang pelajaran serta kuota internet guru belum siap. Kata Kunci: Pembelajaran Masa Pandemi, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:16
Last Modified: 14 Sep 2022 01:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6340

Actions (login required)

View Item View Item