Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Trimulyo

Rahmawati, Emy (2022) Dampak Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Trimulyo. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EMY RAHMAWATI NPM. 1801052008.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Sudah menjadi suatu tuntutan bahwa sekolah harus memiliki fasilitas belajar yang memadai dan dalam kondisi yang baik, kurangnya fasilitas tentu saja mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran oleh karena itu pemenuhan fasilitas bertujuan untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan juga merupakan kegiatan mengoptimalkan perkembangan potensi, kecakapan dan karakteristik pribadi siswa. Kegiatan pendidikan diarahkan kepada pencapaian tujuan-tujuan tertentu yang di sebut tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan minimal diarahkan kepada pencapaian empat sasaran, yaitu; pengembangan segi kepribadian pada peserta didik, pengembangan kemampuan kemasyarakatan, pengembangan kemampuan melanjutkan studi, pengembangan kecakapan dan kesiapan untuk bekerja.

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dampak fasilitas pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas III SDN 1 Trimulyo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumberdata yang di gunakan dalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan informan kepala sekolah dan wali kelas serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dari teori Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan fasilitas belajar sangat berpengaruh untuk motivasi belajar siswa, artinya semakin fasilitas memadai akan semakin memudahkan pendidik dalam menyampaikan mata pelajaran dan daya tarik siswa untuk belajar lebih tinggi. Serta pengetahuan siswa akan lebih baik jika mempunyai banyak fasilitas yang memadai contohnya laptop dan alat peraga lainnya yang dapat memberikan visual yang lebih jelas lagi dan menyajikan pembelajaran yang menarik jadi tidak hanya berpatok dengan buku saja. Semakin baik fasilitas fasilitas belajar di sekolah maupun di rumah, maka akan semakin baik pula motivasi belajar siswa. Semakin tinggi tingkat fasilitas belajar di kelas di gunakan oleh pendidik maka akan tinggi juga motivasi belajar dan mencapai hasil belajar yang maksimal. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:08
Last Modified: 14 Sep 2022 01:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6343

Actions (login required)

View Item View Item