Aly, Fahmy (2022) Implementasi Kitab Hidaayatus Shibyan dalam Penguasaan Ilmu Tajwid Pada Santri Kelas Al-Imrithi Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI FAHMY ALY 1801011046 - Fahmy Aly.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah swt, yang di wahyukan dalam bahasa Arab kepada Nabi Muhammad dan membacanya bernilai ibadah. Umat Islam dituntut untuk belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.ilmu yang mempelajari hukum bacaan dalam Al-Qur’an dan tata cara membaca yang baik dan benar adalah ilmu tajwid. Ilmu ini wajib dipelajari oleh setiap Umat Islam karena Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al Muzammil (73): 4 yang artinya bacalah Al-Qur’an dengan tartil. Tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dalam proses belajar mengajar baca tulis Al Qur’an dilaksanakan dengan baik. Pondok Pesantren Nurul Anwar dalam mengajarkan ilmu tajwid menggunkan Kitab Hidaayatus Shibyan. Hasil Prasurvey yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Anwar sebagian besar santri dalam membaca Al-Qur’an sudah lancar akan tetapi masih ada beberapa santri yang belum memahami kaidah-kaidah ilmu tajwid misalnya lafadz yang seharusnya dibaca di baca jelas tetapi di baca dengung, yang seharusnya dibaca qalqalah tetapi tidak di baca qalqalah, yang seharusnya dibaca panjang tetapi dibaca pendek, terdapat kesenjangan antara teori yang terkandung dalam Kitab Hidayatus Shibyan terhadap pemahaman santri dalam memberi alasan terkait menentukan hukum.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Ustadzah dalam memberikan pengajaran kitab Hidaayatus Shibyan sudah dilaksanakn dengan baik untuk mengetahui Implementasi Kitab Hidaayatus Shibyan dalam penguasaan ilmu tajwid santri. Teknik pengumpulan data Penelitian dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dan pengamatan (observasi) serta dokumentasi untuk mendapatkan data tentang ustadzah serta santri dalam proses pembelajaran Kitab Hidaayatus Shibyan, semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deduktif. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Kemudian mendapatkan sumber data dari informan yaitu Ustadzah dan Santri Pondok Pesantren Nurul Anwar kelas Al-Imrithi, dokumen pondok pesantren, dan bahan ajar Kitab Hidaayatus Shibyan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses Pembelajaran yang dilakukan oleh Ustadzah dan Santri sudah baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Proses tersebut membuahkan hasil yang baik. Terbukti ketika santri yang sudah mengaji Kitab Hidaayatus Shibyan diberikan beberapa tes soal dan praktik membaca Al-Qur’an sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan santri dalam penguasaan ilmu tajwid. Dari 10 santri kelas Al-Imrithi, 70% santri memperoleh nilai sangat baik, 20% santri memperoleh nilai baik dan 10% santri memperoleh nilai cukup. Dengan demikian proses pembelajaran Kitab Hidaayatus Shibyan sudah berjalan dengan baik untuk meningkatkan penguasaan Ilmu Tajwid pada Santri Kelas Al-Imrithi Pondok Pesantren Nurul Anwar.
Kata Kunci : Implementasi, Hidayatus Shibyan, Ilmu Tajwid
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 00:57 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 00:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6344 |
Actions (login required)
View Item |