Angellina, Nurma (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Lempuing Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi Nurma Angellina OKE - Nurma Angellina.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan yang ditunjukan siswa dalam memecahkan soal-soal matematika dengan memperhatikan proses menemukan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika siswa di SMP Negeri 3 Lempuing Sumatera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mix method). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022 yang diambil menjadi kelas sampel 1 dan kelas sampel 2 yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Bentuk instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan instrumen wawancara yang sudah diuji validitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas sampel 1 SMP Negeri 3 Lempuing Sumatera Selatan dengan kategori tinggi dapat menjalankan indikator pemecahan masalah menurut Polya dan mampu menjelaskan proses penyelesaian soal sistem persamaan linear dua variabel, yang meliputi 4 indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan mengevaluasi kembali. Subjek Kategori Tinggi (KT), untuk siswa dengan kategori tinggi dapat memahami masalah secara tepat dalam mengerjakan soal sistem persamaan linear dua variabel, dapat memahami masalah dan menyusun rencana dan mampu melaksanakan rencana sesuai indikator pemecahan masalah secara tepat juga dapat mengevaluasi kembali dari jawaban yang didapatkan dan memeriksa kembali untuk memastikan kebenaran jawabannya. Subjek Kategori Sedang (KS), untuk siswa dengan kategori sedang cukup baik dalam memahami soal, akan tetapi kadang lupa menuliskan salah satu hal yang diketahui atau yang ditanyakan pada soal sistem persamaan linear dua variabel yang dikerjakan, dalam menyusun rencana biasanya menggunakan rumus atau persamaan yang digunakan tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan pada proses melaksanakan rencana. Siswa kategori sedang juga dapat mengevaluasi dari jawaban yang didapatkan. Dan Subjek Kategori Rendah (KR), untuk siswa yang berkategori rendah tidak dapat menjalankan langkah-langkah pemecahan masalah seperti memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana serta dapat mengevaluasi kembali pada penyelesaian soal sistem persamaan linear dua variabel. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 01:22 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 01:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6346 |
Actions (login required)
View Item |