Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pengajaran Akhlak pada Kelas Sabrowi di Pondok Pesantren Hidayatul Quran 38b Banjarejo Batanghari Lampung Timur

Hidayat, Fadhil Nur (2022) Implementasi Pengajaran Akhlak pada Kelas Sabrowi di Pondok Pesantren Hidayatul Quran 38b Banjarejo Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PERPUSTAKAAN-1_compressed - Fadhil Nur Hidayat.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Islam Non Formal yang di tempati oleh beberapa murid yang disebut santri dan menetap di lingkungan tersebut untuk belajar memperdalam ilmu agama Islam. Pengajaran akhlak pada kelas sabrowi di pondok pesantren Hidayatul Quran menggunakan media kitab Akhlaq Lil Banin jilid satu, kitab tersebut dikarang oleh Syekh Umar Bin Achmad Baradja dan terdiri dari tiga puluh tiga bab, Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada kelas sabrowi di pondok pesantren Hidayatul Quran, masih banyak santri yang belum menerapkan akhlak yang baik seperti berkata tidak sopan (kotor), mengadu domba, membantah ketika diberikan nasihat, tidak menjalankan amanah dengan baik, ribut ketika sedang dalam kegiatan belajar megajar, kurangnya kedisiplinan, dan lain sebagainya. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai implementasi pengajaran akhlak pada kelas sabrowi di pondok pesantren Hidayatul Quran, maka pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana Implementasi Pengajaran Akhlak Pada Kelas Sabrowi di Pondok Pesantren Hidayatul Quran 38B Banjar Rejo Batanghari Lampung Timur?, 2) Apa saja Faktor yang mendukung dan menghambat dalam Implementasi Pengajaran Akhlak Pada Kelas Sabrowi di Pondok Pesantren Hidayatul Quran 38B Banjar Rejo Batanghari Lampung Timur ?, yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pengajaran akhlak pada kelas sabrowi di pondok pesantren Hidayatul Quran.

Penelitian yang peneliti lakukan memiliki tinjauan khusus yaitu mengenai Implementasi Pengajaran Akhlak pada kelas sabrowi di pondok pesantren Hidayatul Quran 38B Banjarejo Batanghari Lampung Timur. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengumpulkan sumber-sumber yang relevan yaitu dengan teori, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriptif yakni penelitian yang difokuskan pada penelitian lapangan (field research).

Berdasarkan deskripsi yang peneliti lakukan, peneliti telah menyajikan analisis data yang sesuai dengan data yang diperoleh melalui penelitian di lapangan bahwa sudah ada penerapan yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah terkait dengan Implementasi Pengajaran Akhlak pada kelas sabrowi di pondok pesantren Hidayatul Quran 38B Banjarejo Batanghari Lampung Timur, dengan memberikan penerapan pengajaran di kelas, pembiasaan budaya pondok pesantren, adanya nasihat dan teguran, faktor pendukung implementasi pengajaran akhlak adalah adanya dukungan dari semua pihak serta faktor penghambatnya yaitu kurangnya kedisiplinan santri dalam mengikuti pengajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:31
Last Modified: 14 Sep 2022 01:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item