Permatasari, Riska (2022) Penerapan Metode Problem Solving dengan Media Grafis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sribasuki Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI RISKA PERMATASARI 1801051049 REVISI - Riska permatasari.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sribasuki yang disebabkan oleh metode pembelajaran guru yang berpusat pada guru serta jarangnya penggunaan media pembelajaran pada saat penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode probelem solving dengan media grafis terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sribasuki Lampung Timur.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah metode problem solving dengan media grafis, variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Sribasuki Lampung Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sribasuki Lampung Timur dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, pada siklus I terdiri tiga kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu, perrencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Pengumpulan data yang diperoleh selama penelitian menggunakan teknik non-tes dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengguakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Adapun target yang ingin dicapai pada indikator keberhasilan ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa mencapai nilai ≥ 75 dengan presentase siswa ≥70%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan terhadap hasil blajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sribasuki Lampung timur setelah diterapkaan metode problem solving dengan media grafis. Hal ini dapat dibuktikan dengan kondisi awal hasil belajar siswa yang mencapai hasil tuntas 8 orang dengan persentase 40% setelah dilakukan tindakan selama dua siklus meningkat menjadi 17 siswa mencapai hasil tuntas dengan persentase 85%. Kata Kunci: Problem Solving, Media Grafis, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 01:34 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 01:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6349 |
Actions (login required)
View Item |