Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Pertiwi Sekampung

Agustiani, Haninda Lutfi (2022) Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Pertiwi Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
HANINDA LUTFI AGUSTIANI REVISI-NPM. 1701030059.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain dimana dapat merespon orang-orang yang ada disekitarnya dengan positif sehingga interaksi dapat berjalan dengan baik. Setiap siswa perlu memiliki kecerdasan interpersonal hal tersebut untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain dalam kelangsungan hidupnya.

Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pertiwi Sekampung?; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pertiwi Sekampung? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pertiwi Sekampung. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pertiwi Sekampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Tekhik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yaitu menggunakan teknik trigulasi dan trigulasi sumber.teknik analisis data nya menggunakan reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian dari realita yang ada di lapangan bahwa Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pertiwi Sekampung, diantaranya yaitu: a)Strategi mengajar business day; b) Strategi mengajar kerja kelompok; c) Strategi mengajar belajar kelompok; d) Strategi mengajar saling berbagi rasa diantara teman; e) Strategi mengajar kerja sama; f) Strategi mengajar negosiasi; g) Strategi mengajar memanajemen konflik; g) Strategi mengajar belajar lewat interaksi dengan orang lain; h) Strategi mengajar belajar melalui kolaborasi dan dinamika kelompok. Selain itu, faktor pendukung agar strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal pada siswa berjalan dengan dukungan baik diantaranya yaitu menjalani komunikasi yang baik dengan keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat serta adanya dorongan dari semua pihak. Sedangkan faktor penghambat pada strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini antara lain adalah strategi guru yang dilakukan dalam selama pandemi tidak maksimal, baik pembelajaran online maupun offline serta emosi siswa di TK Pertiwi Sekampung yang kurang stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:06
Last Modified: 16 Sep 2022 09:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item