Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar

Naufal, Muhammad (2022) Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD NAUFAL -1701050026 - PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Minat merupakan sebuah langkah awal siswa agar mempunyai ketertarikan dalam belajar tanpa adanya paksaan sehingga terjadi perubahan yang baik pada diri siswa tersebut. Sedangkan, motivasi merupakan upaya yang mendorong semangat belajar siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan maka minat dan motivasi belajar sangat dibutuhkan agar siswa memiliki ketekunan dalam belajar, dapat berperilaku objektif dan inisiatif, aktif dalam pembelajaran, dan kemauan menerima pendapat orang lain. Berlangsungnya model pembelajaran jarak jauh membuat sebagian besar minat dan motivasi belajar siswa kelas V MIM Pekalongan tidak sama seperti pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka disekolah, siswa cenderung tidak semangat, kurang tertarik dan tidak aktif sehingga hal inilah yang mempengaruhi hasil belajar siswa menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei, jenis penelitian kuantitatif dan teknik penelitian korelasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 42 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berupa 20 pernyataan minat belajar dan 20 pernyataan motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji korelasi ganda, uji korelasi parsial, dan uji anova atau uji f.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang kuat antara minat belajar dengan hasil belajar Matematika dengan nilai korelasi adalah 0,985, 2) Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika dengan nilai korelasi sebesar 0,973, 3) Terdapat hubungan yang kuat antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika dengan nilai korelasi 0,979. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran jarak jauh kelas V MIM Pekalongan.

Kata kunci: Hubungan; Minat Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:08
Last Modified: 16 Sep 2022 09:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item