Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring Biologi Menggunakan Google Classroom Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur

Syaputri, Kurnia (2022) Analisis Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring Biologi Menggunakan Google Classroom Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI KURNIA SYAPUTRI -1801060015 - Tadris Biologi.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pada awal bulan Maret 2020 dunia digemparkan dengan semaraknya virus baru yang mempunyai ukuran tubuh kecil ialah jenis baru (SARS-COV 2), dan penyakitnya yang disebut Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pada awal mulanya virus ini diketahui berasal dari wuhan. Berada di daerah china ditemukan desember tahun 2019. Berdasarkan dari latar belakang masalah, maka peneliti terfokus dalam hal: Bagaimanakah kendala pembelajaran daring biologi peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukadana. Tujuan penelitian ini ialah Untuk mengetahui kendala peserta didik kelas XI IPA I yang dialami SMAN 1 Sukadana dalam melakukan pembelajaran daring biologi dimasa pandemi. Penelitian merupakan jenis penelitian studi kasus fenomenologi atau kejadian yang lalu dengan cara menjelaskan, menggambarkan, ataupun memaparkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Sifat penelitian ini ialah menggunakan deskriptif kualitatif, dimana penelitian yang menjelaskan sesuatu yang menjadi sasaran peneliti secara mendetail, ataupun mendalam. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi teknik. Sedangkan analisis data ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa bertujuan untuk mengetahui kendala yang dialami anak didik kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Sukadana dalam melakukan pembelajaran daring biologi dimasa pandemi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa analisis kendala pelaksanaan pembelajaran daring biologi menggunakan google classroom anak didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur ialah kendala pertama ialah kendala dari pendidik dimana guru harus menyiapkan perencanaan pembelajaran yang disusun dalam kegiatan pembelajaran daring ini tentu saja guru sudah mempersiapkan silabus, RPP, serta tugas-tugas yang akan diberikan kepada peserta didik nanti. Pada pembelajaran daring biologi menggunakan google classroom sudah terlihat yakni peserta didik bisa memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran dimasa pandemi, dan pendidik mengevaluasi nilai-nilai tugas harian yang dikerjakan peserta didik telah tercapai KKM. Selanjutnya ada kendala dari peserta didik ialah rendahnya minat belajar pada proses pelaksanaan pembelajaran daring biologi berlangsung, dan kurangnya pemahaman pada materi pembelajaran biologi, serta tidak adanya motivasi atau dukungan dari orang terdekat yang mana bisa menjadi faktor lingkungan yang viii menyebabkan anak merasa bosan dan lalai dalam melaksanakan proses pembelajaran daring biologi. terakhir kendala teknis susahnya signal, susahnya belajar mandiri, tidak ada diskusi kelompok, tidak ada pratikum, fasilitas kurang mendukung, tugas yang semakin menumpuk, dan tempat tinggal diwilayah daerah pedesaan yang juga kurang mendukung dalam proses pembelajaran biologi jarak jauh.

Kata Kunci: Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Pembelajaran Daring Biologi, dan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:04
Last Modified: 16 Sep 2022 09:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item