Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di SD IT Baitun Nur Punggur

Ningsih, Hidayah Nur Handa (2022) Penerapan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di SD IT Baitun Nur Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HIDAYAH NUR HANDA NINGSIH -1801051027 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Peranan matematika dalam pembentukan pola pikir yang logis, sistematis dan kritis akan membantu seseorang dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Belajar matematika tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep-konsep dalam matematika, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari. Namun demikian, permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menggunakan kemampuan berpikirnya untuk pemecahan masalah. Salah satu kemampuan yang dianggap masih rendah adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut yang dilakukan guru.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan langkah-langkah pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matemarika di SD IT Baitun Nur Punggur ?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan langkah-langkah pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matemarika di SD IT Baitun Nur Punggur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan sifat penelitian deskriptif dan jenis data kualitatif lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas 2 di SD IT Baitun Nur Punggur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan secarainduktif dengan tahapandata reduction , data display, conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa langkah-langkah pemecahan masalah yang dilakukan oleh guru dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa adalah sebagai berikut. Pertama, memahami masalah. Siswa diberikan sebuah soal dan diminta untuk menganalisa dan memahami soal tersebut.Kedua, merencanakan penyelesaian. Setelah memahami dan menganalisa siswa diminta untuk mencari rumus yang sesuai dengan soal tersebut.Ketiga, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal tersebut dengan rumus yang telah dipilih.Keempat, pada tahap terakhir ini siswa diminta untuk melakukan pengecekan atas apa yang telah dilakukan mulai dari fase pertama sampai fase terakhir serta pembuatan kesimpulan akhir.

Kata Kunci : Langkah Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:05
Last Modified: 16 Sep 2022 09:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6370

Actions (login required)

View Item View Item