Gunawan, . (2022) Implementasi Literasi Digital Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran SKI Di MA Ma’arif 17 Terbanggi Besar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI GUNAWAN -1801010047 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Dunia digital telah menuntut dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi dengan cepat dimana semua informasi dapat diperoleh dengan real-Time dan cepat dimana saja dan kapan saja, dengan adanya kemajuan IPTEK menuntut guru untuk memiliki kemampuan memahami dunia digital agar dapat menciptakan suasana belajar yang baik dan dapat mendorong kemampuan serta kreativitas peserta didik secara maksimal. Literasi digital merupakan salah satu literasi dasar yang saat ini telah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai sumber mencari referensi, mengidentifikasi, mengakses, mengevaluasi, dan menggabungkan informasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran SKI di MA Ma’arif 17 Terbanggi Besar (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran SKI di MA Ma’arif 17 Terbanggi Besar (3) mengetahui evaluasi implementasi literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran SKI di MA Ma’arif 17 Terbanggi Besar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kompetensi literasi digital dalam pembelajaran SKI, dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penjamin keabsahan data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) implementasi literasi digital dengan menggunakan media digital yang ada seperti media sosial, internet, buku elektronik, ebook, dan handpone. Serta menggunakan aplikasi digital seperti whatsapp, google classroom, youtube dalam proses pembelajaran. (2) Faktor Pendukung Dan penghambatnya adalah adanya pelatihan workshop/IT disediakannya fasilitas seperti peralatan komputer, LCD, dan WiFi serta diberikanya subsidi paket data. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang tidak stabil dan jarak yang jauh jauh (3) Dalam evaluasi implementasi literasi digital dalam pembelajaran SKI ini ada beberapa tahapan yang dilalui yaitu yang pertama tahap perencanaan dengan menyiapkan RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran, yang kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang dibutuhkan guna memaksimalkan pembelajaran dan yang ketiga yaitu proses evaluasi dengan memberikan tugas tugas kepada peserta didik.
Kata kunci : Implementasi, Literasi Digital, Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 09:05 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 09:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6375 |
Actions (login required)
View Item |