Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru Dalam Mempertahankan Disiplin Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung

Wulandari, Regita (2022) Strategi Guru Dalam Mempertahankan Disiplin Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI REGITA WULANDARI - 1801080021 - T. IPS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana disiplin belajar siswa dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui strategi guru IPS dalam mempertahankan disiplin belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupkan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, wali murid siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung, subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik snowball sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung sudah baik. Dilihat berdasarkan indikator disiplin belajar pada saat proses pembelajaran daring siswa selalu absen tepat waktu, siswa rajin dalam mengumpulkan dan mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan aktif baik di grup whattsaap maupun dengan zoom metting. Strategi yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung dalam mempertahankan disiplin belajar siswa adalah guru memberikan motivasi kepada siswa, guru memberikan keteladanan, guru membentuk pembiasaan yang baik pada siswa, pemberian hukuman.

Kata kunci: strategi guru, disiplin belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:06
Last Modified: 16 Sep 2022 09:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6377

Actions (login required)

View Item View Item