Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD N 1 Raman Endra

Romantini, Berta (2022) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD N 1 Raman Endra. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI BERTA ROMANTINI -1701050004 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Orang tua disebut sebagai pendidik utama, sebab orang tua yang pertama kali mendidik anaknya sejak anak mulai dilahirkan. Orang tua merupakan orang dianggap dewasa yang lebih dituakan. Pengertian orang tua yang terdapat dalam lingkungan masyarakat secara universal dapat dikatakan orang tua merupakan orang yang telah membesarkan, mengasuh, mendidik, merawat kita yaitu ibu dan bapak. Pada akhir-akhir ini terjadi wabah covid-19 yang telah menyebar. Sebab penyebarannya yang sangat cepat. Sehingga pemerintah menerapkan lockdown dan sosial distancing. Dampak tersebut dapat menyebabkan seluruh masyarakat untuk dianjurkan melakukan aktivitas bekerja dan beribadah. Seluruh sekolah diwajibkan untuk belajar dirumah pada masa pandemic covid-19. Dengan cara menggunakan sistem pembelajaran online. Dapat juga dilakukan menggunakan aplikasi whattshap grup, zoom meeting, gogle clas room, dan lain sebagainya. Pada masa pandemi covid-19, pembelajaran tetap dituntut aktif. Maka, orang tua mempunyai peranan penting untuk meningkatkan minat belajar anak agar dapat kegiatan belajar dengan aktif. orang juga sebaiknya membimbing anak sepunuhnya saat belajar dirumah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi Covid-19.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber datanya yaitu Orangtua dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara..Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini. Pertama,peran sebagai pembimbing dalam pembelajaran daring meliputi: Orangtua memberikan arahan dalam bimbingan belajar. Kedua, peran orangtua sebagai motivator dalam pembelajaran daring yaitu orangtua memberikan semangat kepada siswa dalam belajar. Peran orang tua sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring yaitu orangtua memberikan kouta internet, memberikan kebutuhan siswa seperti alat tulis siswa. Berdasarkan Penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran orang tua sudah menerapkannya. namun peran orang tuas sebagai pembimbing kurang maksimal sehingga siswa kurang semangat dan juga banyak siswa yang kurang paham terhadap materi yang disampaikan.

Kata Kunci: Meningkatkan Minat Belajar Anak, Masa Pandemi Covid 19,Peran Orang Tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:03
Last Modified: 16 Sep 2022 09:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6378

Actions (login required)

View Item View Item