Hamdiah, . (2022) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI HAMDIAH -1601010131 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa, kondisi ini dikarenakan belajar bukan hanya menghasilkan perubahan pengetahuan tetapi juga membawa perubahan sikap atau perilaku berupa karakter siswa. Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang berpengaruh terhadap pencapaian pendidikan bagi siswanya karena dengan kepribadian guru yang baik dapat memberikan teladan yang baik untuk siswa, maupun masyarakat sehingga guru tampil sebagai sosok yang patut dicontoh sikap dan prilakunya.
Penelitian ini merupakan jawaban atas rumusan masalah yaitu: Apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro?
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif dalam pengelolaan datanya semua anggota populasi dijadikan sampel. Populasi dalam penelitian ini bejumlah 220, sedangkan sampel diambil 30% dari populasi berjumlah 66 siswa. Metode yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, observasi. Dalam proses analisis datanya menggunakan rumus Chi Kuadrat.
Hasil perhitungan angket diperoleh harga chi kuadrat hitung (x2 hitung) adalah sebesar 52,7623. Selanjutnya chi kuadrat hitung (x2 hitung) dibandingkan dengan kriteria chi kuadrat tabel (x2 tabel). Di mana harga chi kuadrat tabel (x2 tabel) pada dk=4, untuk taraf signifikansi 5%=9,488 dan pada taraf signifikansi 1%=13,277 hal tersebut memperlihatkan chi kuadrat hitung (x2 hitung) lebih besar dibandingkan dengan chi kuadrat tabel (x2 tabel) yaitu 52,7623. Hal ini berarti menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian terdapat Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Negeri 2 Metro. Dari perhitungan yang dilakukan diperoleh perbandingan antara Chitung=0,666 dengan Cmaks=0,816 yang kemudian dilihat pada tabel KK diperoleh hasil bahwa hubungan kedua variabel berada pada kriteria sangat erat karena Chitung berada diantara 0,545-0,816 Ctabel dengan persentase sebesar 82%.
Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Karakter Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 00:43 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 00:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6391 |
Actions (login required)
View Item |