Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah

Nursafitri, Nurma (2022) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURMA NURSAFITRI - 1801030015 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan suatu proses penggunaan bahasa ekpresif dalam membentuk arti. Berbicara adalah salah satu bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud karena berbicara merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif. Dalam kaitannya dengan perkembangan berbicara, pada hal ini peran guru sangatlah penting, karena guru adalah figur yang penting dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak pada saat anak di sekolah. Oleh karena itu seorang guru perlu dengan cermat untuk memilih metode dan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah beserta faktor pendukung dan penghambatnya.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, dan mengambil lokasi di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperolah dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator, demonstator, model, dan evaluator guna untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak. Adapun faktor pendukung guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak yaitu guru,orangtua, kecerdasan anak, lingkungan (teman sebaya) dan faktor penghambat nya yaitu latar belakang orangtua dan perbedaan karakter anak.

Kata Kunci : Peran Guru, Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Sep 2022 00:46
Last Modified: 20 Sep 2022 00:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6394

Actions (login required)

View Item View Item