Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Metro

Adelia, Winona (2022) Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WINONA ADELIA NPM. 1801050051.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran daring dikenal juga dengan istilah pembelajaran online. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang yang berlangsung di dalam jaringan, yang dimana pendidik dan peserta didik tidak perlu bertatap muka secara langsung. Pembelajaran daring dapat dikatakan efektif apabila peserta didik mampu menyerap pelajaran dengan baik dan berpengaruh pada hasil belajar serta pengetahuan siswa yang mampu mencapai kriteria kelulusan. Pada pembelajaran daring di kelas V MIN 1 Metro, pinteraksi peserta didik dan pendidik berkurang, selain itu pendidik mengalami keterbatasan penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi.

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana analisis pembelajaran daring terhadap efektivitas belajar siswa kelas V MIN I Metro” yang difokuskan pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran daring di kelas V MIN 1 Metro yang difokuskan pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan pembelajaran daring di kelas V MIN 1 Metro masih belum efektif, hal ini karena kurangnya komunikasi antara pendidik dan peserta didik pada saat pembelajaran daring, kemudian menurunnya pemahaman peserta didik terkait materi terlebih pada mata pelajaran matematika. Faktor pendukung pembelajaran daring di kelas V MIN 1 Metro adalah keluarga yang mendukung dengan menyediaknnya smartphone, jaringan internet yang stabil dan kuota yang selalu ada karena pendidik dan peserta didik mendapat subsidi kota dari kemenag. Sedangkat yang menjadi faktor penghambat pembelajaran daring di kelas V MIN 1 Metro adalah minat dan semangat siswa yang naik turun, hal ini karena peserta didik sering sekali merasa bosan karena hanya menatap layer HP dan tidak bertemu serta berinteraksi dengan teman temannya. Kemudian kesibukan orang tua juga menjadi penghambat terlaksananya pembelajaran daring di MIN 1 Metro karena tidak adanya pengawasan dari orang tua pada saat pembelaaran daring sehingga terkadang siswa lebih memilih bermain game dari pada belajar daring. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Efektivitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:34
Last Modified: 15 Sep 2022 06:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item