Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi UMKM Kuliner dalam Meningkatkan Pendapatan Usahanya pada Masa Pandemi Covid-19 (Di Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur)

Maryani, Yanti (2022) Strategi UMKM Kuliner dalam Meningkatkan Pendapatan Usahanya pada Masa Pandemi Covid-19 (Di Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YANTI MARYANI 1804041169 - Yanti Maryani.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan. Namun, UMKM akan mampu bertahan dan dapat bersaing dengan usaha yang lain yaitu dengan menerapkan strategi yang baik. Strategi sangat diperlukan dalam bisnis UMKM, karena dalam strategi mencakup pertimbangan dan penyesuaian terhadap reaksi orang-orang dan pihak yang terpengaruh dari kegiatan marketing yang dilakukan. UMKM kuliner yang ada di Desa Bungkuk mengalami kenaikan pendapatan khususnya jenis Usaha Mikro yang diakibatkan dari pandemi Covid-19 dibanding dengan usaha kuliner yang ada didaerah-daerah lain di Indonesia, yang mana banyak usaha yang mengalami kesulitan dan bahkan harus menutup usahanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi UMKM kuliner dalam meningkatkan pendapatan usahanya pada masa pandemi Covid-19 di Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi UMKM kuliner dalam meningkatkan pendapatan usahanya pada masa pandemi Covid-19 di Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur dilakukan dengan strategi penjualan yang beralih ke media online seperti WhatsApp dan Facebook terutama pada usaha kelanting dan FDO. Pada usaha pembuatan tempe Bu Karsiyah, usaha pembuatan Kelanting Bu Elda, Dan Pada usaha Food Delivery Order strategi pemasaran (Marketing Mix) yang digunakan adalah 4P yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan lokasi usaha (place). Strategi produk yang diterapkan adalah mempertahankan kualitas, dan pemilihan bahan baku yang baik. Strategi harga dilakukan dengan menentukan harga yang relatif cukup murah, menyesuaikan dengan harga yang ada dipasaran. Strategi promosi dilakukan dengan cara melakukan promosi di media online seperti facebook dan whatsapp, serta promosi dari mulut ke mulut. Dan yang terakhir strategi lokasi usaha, dilakukan dengan cara memilih lokasi usaha di tempat tinggal sendiri untuk memudahkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:51
Last Modified: 15 Sep 2022 06:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item