Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPADI SDN 2 Liman Benawi

Septiyeni, Indah (2022) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPADI SDN 2 Liman Benawi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
INDAH SEPTIYENI - Indah Septiyeni.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SDN 2 Liman Benawi, yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sehingga mengakibatkan nilai siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, masih ada siswa yang kurang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan materi, bahkan ada juga siswa yang asyik mengobrol dengan temannya. Selain itu guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SDN Liman Benawi pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdapat terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa dengan 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki, pada mata pelajaran IPA materi Gaya dan Gerak tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisi kuantitatif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 61% dan meningkat sebesar 15% menjadi 76% pada siklus II. Pada siklus I siswa yang hasil belajarnya tuntas berjumlah 16 siswa dengan presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 64% dan meningkat sebesar 16% pada siklus II siswa yang hasil belajarnya tuntas berjumlah 20 siswa dengan presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:02
Last Modified: 16 Sep 2022 09:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item