Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Produk Wadiah pada Simpanan Idhul Fitri Khusus (Studi Di BMT Artha Buana Metro)

Agustina, Tri (2022) Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Produk Wadiah pada Simpanan Idhul Fitri Khusus (Studi Di BMT Artha Buana Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Tri Agustina 1804103008 (SKRIPSI).pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah memiliki persaingan bisnis yang sangat pesat, dikarenakan Lembaga-lembaga tersebut memiliki strategi atau cara tersendiri untuk menarik daya tarik baru agar mempertahankan anggotanya. Promosi dan pelayanan merupakan suatu usaha yang terus menerus dilakukan oleh BMT untuk dapat memantapkan kepercayaan dan pengembangan itikad baik dan bertimbal balik antara pihak BMT dengan anggotanya. Dengan demikian, Promosi dan Pelayanan dapat menjadi salah satu penyebab anggota untuk menentukan keputusannya dalam memilih produk atau jenis simpanan sesuai yang diharapkan dan dibutuhkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Pelayanan terhadap keputusan Memilih Produk wadiah pada jenis simpanan idhul fitri khusus di BMT Artha Buana Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota BMT Artha Buana Metro pada Produk Wadiah Simpanan Idhul Fitri Khusus . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purpose sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Pengujian dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menggunakan Uji Parsial (T), Promosi (X1) berpengaruh secara negatif terhadap keputusan memilih produk wadiah simpanan idhul fitri khusus, diperoleh hasil (-2. 015 > 1,991). Dan Pelayanan (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan memilih produk wadiah simpanan idhul fitri khusus diperoleh hasil 8.920 > 1,991. Dengan menggunakan Uji Simultan (F) ketiga variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap keputusan memilih produk wadiah simpanan idhul fitri khusus dengan nilai fhitung 85.014. Dan berdasarkan hasil uji Rsquare menunjukan bahwa variabel Promosi (X1), dan Pelayanan (X2) mampu mempengaruhi variabel Y (keputusan memilih) produk wadiah simpanan idhul fitri khusus sebesar 68% sedangan 31% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Promosi, Pelayanan Dan Keputusan Memilih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:50
Last Modified: 16 Sep 2022 08:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item