Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara Matematika Kelas V MI Nurul Mubin Margasari Labuhan Maringgai Tahun Pelajaran 2012/2013

Saiyah, Saiyah (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara Matematika Kelas V MI Nurul Mubin Margasari Labuhan Maringgai Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Saiyah_0952185.pdf - Other

Download (256kB)
[img] PDF
Saiyah_0952185 bab I.pdf - Other

Download (612kB)
[img] PDF
Saiyah_0952185 bab II.pdf - Other

Download (679kB)

Abstract

Adanya permasalahan yang terjadi di dalam kelas di antaranya kemampuan pemahaman matematika siswa yang rendah, pembelajaran yang kurang inovatif, kurang antusiasnya siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar yang rendah hal tersebut merupakan tugas guru untuk menemukan cara dalam meningkatkan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru harus mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memberdayakan dan menggali kreativitas, bakat, minat serta potensi siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah dengan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mubin Margasari Labuhan Maringgai Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mubin Margasari Tahun Pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah strategi pembelajran inkuiri diterapkan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,12 dan pada siklus II sebesar 78,44 dengan tingkat ketuntasan siklus I 62,5% dan siklus II 82,25%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,32 dengan persentasi 19,75%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, pada materi sifat-sifat bangun datar dan sifat-sifat bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:02
Last Modified: 19 Sep 2022 03:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6411

Actions (login required)

View Item View Item