Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Membangun Motivasi Belajar Siswa (Kajian Teori Motivasi Abraham Maslow) Di MI Al-Islamiyah Bandarsakti

Firadilah, Ais (2022) Membangun Motivasi Belajar Siswa (Kajian Teori Motivasi Abraham Maslow) Di MI Al-Islamiyah Bandarsakti. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AIS FIRADILAH -1801051003 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu konsep hipotesis dalam kegiatan yang dipengaruhi oleh suatu persepsi dan tingkah laku seseorang dalam upaya mengubah situasi yang kurang memuaskan menjadi situasi yang lebih baik. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dapat terlihat bahwa sejak diberlakukannya pembelajaran tatap muka, motivasi belajar siswa benar-benar menurun. kemauan mereka untuk belajar pun sangat kurang. Sebagai contoh, ketika mereka diberi tugas mereka cenderung menunda-nunda dan hanya sibuk bermain ketika mengerjakan tugas tersebut sehingga waktu pembelajaran yang singkat hanya dihabiskan untuk mengerjakan tugas saja. Proses membangun motivasi belajar siswa tidak terlepas dari pemenuhan kebutuhan berdasarkan Teori Motivasi Abraham Maslow yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan rasa penghargaan, dan aktualisasi diri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam membangun motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dilalui oleh guru dalam membangun motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Islamiyah Bandarsakti.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah- langkah yang dilakukan oleh guru dalam membangun motivasi belajar siswa di MI Al-Islamiyah Bandarsakti yaitu dengan memenuhi kebutuhan berdasarkan Teori Motivasi Abraham Maslow. Seperti pemenuhan kebutuhan fisiologis, pemenuhan kebutuhan keamanan dan keselamatan, pemenuhan kebutuhan sosial, pemenuhan kebutuhan akan penghargaan, dan aktualisasi diri. 2) Hambatan- hambatan yang dihadapi oleh guru dalam membangun motivasi belajar siswa MI Al-Islamiyah Bandarsakti yaitu disebabkan oleh kurangnya kerja sama dari orang tua, tekanan yang muncul dari teman sebaya, pemberian hukuman yang masih menyudutkan siswa, kurangnya sikap saling menghargai dan menghormati, dan siswa yang belum memahami kemampuan dan potensi dirinya.

Kata Kunci: Motivasi, Teori Motivasi Abraham Maslow

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:46
Last Modified: 05 Oct 2022 03:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item