Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penggunaan Layanan Produk BRILink (Studi Kasus Di Kecamatan Melinting)

Muntasiroh, Ida (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penggunaan Layanan Produk BRILink (Studi Kasus Di Kecamatan Melinting). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IDA MUNTASIROH -1804101053 -S1 PBS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya adalah kualitas pelayanan. Agen BRILink di Kecamatan Melinting sudah memberikan pelayanan yang cukup baik untuk kalangan masyarakat, namun masih terdapat pelanggan yang merasa kecewa akibat jaringan yang terkadang membuat pelanggan tidak bisa melakukan transaksi. Maka menarik untuk dikaji terkait sudahkah agen BRILink memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga menciptakan kepuasan kepada pelanggan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) yang bersifat deskriptif kualitataif dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Adapaun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, teknik penjamnin keabsahan data adalah menggunakan tringulasi teknik, kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan cara berfikir induktif yang berasal dari informan tentang kepuasan pelanggan terhadap layanan produk BRILink di Kecamatan Melinting.

Hasil penelitian yang didukung data informasi yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa pelayanan di BRILink kecamatan melinting telah menimbulkan kepuasan dan ketidak puasan terhadap pelanggan, hal tersebut dilihat dari dua dimensi kualitas pelayanan, yaitu aspek fungsional sudah berjalan dengan baik, dan ketidak puasan pelanggan itu terletak kepada aspek teknik yang belum berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:47
Last Modified: 22 Sep 2022 03:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item