Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengoptimalkan Penerapan Metode Latihan (DRILL) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VA SD Negeri 3 Sukadana Baru Tahun Pelajaran 2012/2013

Nasri, Johan (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengoptimalkan Penerapan Metode Latihan (DRILL) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VA SD Negeri 3 Sukadana Baru Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
JOHAN NASRI_0951835.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran di kelas tidak terlepas dari banyaknya masalah yang muncul. Salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sebagai contoh, pada mata pelajaran Matematika di kelas VA SD Negeri 3 Sukadana Baru yang ditandai dengan 69,57 % tidak tuntas hasil belajarnya. Ketidak tuntasan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kurang optimalnya penerapan metode yang digunakan guru, tidak adanya evaluasi yang dilakukan guru, siswa mengalami kesulitan untuk memperoleh ketangkasan dan keterampilan dalam menyelesaikan tugas, dan siswa masih menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 3 Sukadana Baru Tahun Pelajaran 2012/2013 serbanyak 23 siswa pada materi sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun dengan mengoptimalkan penerapan metode latihan (drill). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan melakukan proses pembelajaran 2 siklus dengan 6 kali pertemua. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksaaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisa yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian dengan menggunakan pengoptimalan penerapan metode latihan (drill) memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,17 % yang kemudian terjadi peningkatan pada siklus 2 sebesar 82,61 %, sehingga ada peningkatan 30,44%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan mengoptimalkan penerapan metode latihan (drill) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 3 Sukadana Baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:01
Last Modified: 19 Sep 2022 04:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item View Item