Azizah, Zulvanil (2022) Desain Model Pembelajaran SKI Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Metakognitif Peserta Didik. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
Tesis Zulvanil Azizah - 2071010041 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Metakognitif pada dasarnya merupakan kegiatan ”berpikir tentang berpikir”, yaitu merupakan kegiatan mengontrol secara sadar tentang proses kognitifnya sendiri. Kegiatan metakognitif meliputi kegiatan berfikir untuk merencanakan, memonitoring, mengevaluasi dan merefleksi bagaimana menyelesaikan suatu masalah. Kemampuan metakognitif pada umumnya digunakan pada pembelajaran biologi, fisika dan matematika. Pada penelitain ini, kemampuan metakognitif akan digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam denngan desain model pembelajaran hasuna.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan metakognitif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran hasuna. Mengetahui keadaan awal kemudian mengidentifikasi keefektifan pembelajaran setelah model pembelajaran hasuna diimplementasikan. Penelitian ini dilakukan di MA Darul A‟mal Metro khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan research and development. Sedangkan sampel desain pembelajaran ini menggunaan metode Dick and Carry dengan istilah model ADDIE. Berdasarkan teori pendukung dan desain model pembelajaran hasuna yang telah divalidasi, menghasilkan angka 3,8 yang artinya tergolong baik dan layak untuk di ujicobakan maka model pemblejaran hasuna dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk diterapkan dalam mata pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Kata Kunci : Metakognitif, Berfikir, Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 03:45 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 03:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6431 |
Actions (login required)
View Item |