Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Desain Model Pembelajaran Ishlah Untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Metro

Rahmawati, Violita (2022) Desain Model Pembelajaran Ishlah Untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS VIOLITA RAHMAWATI - 2071010038 - PAI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Tugas guru adalah menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan hal tersebut merupakan salah satu bagian dari kompetensi profesionalisme pendidik. Salah satu usaha guru untuk memiliki pembelajaran yang efektif adalah memilih model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran sebenarnya yang ada di sekolah, dan mendesain model pembelajaran PAI.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Metro khususnya pada mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah untuk meningkatkan spiritual quotient dikarenakan pada penggunaan model pembelajaran yang tengah diterapkan terkesan membosankan, sehingga masih perlu diperbaiki kembali.

Pada penelitian ini terdapat model pembelajaran Ishlah, yang bertujuan untuk meningkatkan SQ peserta didik yang mana didalam langkah pembelajarannya terdapat 6 metode khas model ishlah yaitu nafas zikir, lembar ubudiyah, membaca Al-Qur‘an bersama, menyanyi nasyid, pemberian motivasi. Ishlah sendiri berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti perbaikan.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang biasa disebut dengan research and development (R&D) yang dibatasi dengan level 1 yaitu menganalisis dan mendesain. Hasil uji validasi model pembelajaran yang dilakukan oleh validator ternilai baik untuk dicobakan dalam proses pembelajaran yaitu 5,2.

Kata Kunci: Pembelajaran PAI, spiritual quotient, model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:07
Last Modified: 29 Sep 2022 08:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item