Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektifitas Permainan Bahasa ( Tebak Kata) dan media Gambar Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Pada Siswa Kelas VIII MTs As Saadah Lampung Tengah

Wati, Lina (2022) Efektifitas Permainan Bahasa ( Tebak Kata) dan media Gambar Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Pada Siswa Kelas VIII MTs As Saadah Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS LINA WATI -18003797 - PBA.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efektiftas penggunaan permainan bahasa tebak kata dan media gambar pada siswa kelas VIII MTS As Saadah Lampung Tengah. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana efektiftas penggunaan permainan bahasa tebak kata dan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat pada siswa kelas VIII MTs As Saadah Lampung Tengah?. Dalam penelitian ini terdapat 2 hipotesis yaitu: Ha atau hipotesis alternatif: Penggunaan permainan bahasa tebak kata dan media gambar Sangat efektif dalam meningkatakan penguasaan mufradat pada siswa kelas VIII MTs As Saadah Lampung Tengah dan H0 atau Hipotesis nihil : Penggunaan permainan bahasa tebak kata dan media gambar Tidak efektif dalam meningkatakan penguasaan mufradat pada siswa kelas VIII MTs As Saadah Lampung Tengah.

Penelitian ini didesain dengan desain eksprimen semu yaitu melakukan ujicoba pada kelas terbatas yaitu kelas eksprimen dan dikontrol oleh kelas kontrol untuk menguji efektifitas perlakuan yang diberikan yaitu permainan bahasa dan media gambar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs As Saadah Lampung Tengah berjumlah 55 siswa. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan sampel 55 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksprimen yang diajar dengan permainan bahasa dan media gambar dan kelompok kontro yang diajar dengan media papan tulis dan metode konvensional atau ceramah.Metode pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistic Uji t untuk melihat signifikansi pengaruh permainan bahasa dan media gambar terhadap penguasaan mufradat.

Hasil penelitian diperoleh nilai “t” empiris (hitung) sama dengan 6,142 sedangkan nilai teoretis pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan drajat bebas (db) sama dengan 47 (48-1) ditemukan nilai tabel sebesar 1,678. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t empiris (hitung) lebih besar daripada nilai t teoretis (tabel) (6,142>1,678). Oleh karena itu, berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yang telah dirumuskan yaitu apabila nilai hitung lebih besar daripada nilai tabel/teoretis, maka hipotesis alternatif diterima. Hipotesis alternatif berbunyi “permainan bahasa (Tebak kata) dan media gambar efektif dalam kemampuan mufrodat siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) As Sa’adah Lampung Tengah” diterima. Dan Hipotesis nol ditolak..

Temuan penelitian menunjukkan (1) Penguasaan kosa kata Arab pada siswa MTs Assaadah lampung Tengah sebelum diterapkan permainan bahasa tebak kata dan media gambar masih pada level rendah. Hal ini dimaklumi karena suasana belajar yang diberikan guru masi monoton dan tidak menyenangkan. Dampak dari situasi ini penguasaan kosa kata Arab siswa rendah. (2) Penguasaan kosa kata Arab pada siswa MTs Assaadah lampung Tengah setelah diterapkan permainan bahasa tebak kata dan media gambar masih pada level tinggi.

Hal ini disebabkan permainan bahasa tebak kata telah mampu membangkitkan rasa senang dan motivasi siswa.. motivasi yang tinggi telah mendorong siswa untuk konsentrasi dalam pembelajaran. Kondisi inilah yang menjadi penyebab utama meningkatnya kemampuan kosa kata Arab pada siswa. (3) Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan peremainan bahasa yang dipadu dengan media gambar yang dilakukan secara professional dengan mengikuti prosedur yang baik telah menghasilkan suasana belajar yang menyenangkan bagi semua siswa. Selain suasana menyenangkan, motivasi belajar siswa juga meningkat. (4) Penggunaan permainan bahasa dan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Arab siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:08
Last Modified: 29 Sep 2022 08:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item