Choironi, Ahmad (2022) Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri Se-Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS AHMAD CHOIRONI -19001831- PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu adalah :1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI berbasis e- learning di SMK N Way Bungur, SMKN Sukadana, SMKN Purbolinggo, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam kegitan pembelajaran PAI berbasis e- learning di SMK N Way Bungur, SMKN Sukadana, SMKN Purbolinggo,3) Untuk mengetahui hambatan dalam kegitan pembelajaran PAI berbasis e- learning di SMK N Way Bungur, SMKN Sukadana, SMKN Purbolinggo,
Penelitian ini peneliti menggunakan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bersifat menggambarkan, menguraikan suatu hal menurut apa adanya. Selanjutnya jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi dan objek penelitian, penelitian ini dilakukan di Di SMK Negeri Se-Kabupaten Lampung Timur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran e-learning sebelum masa pandemi di SMK N 1 Sukadana diposisikan sebagai (komplemen) pelengkap. Artinya pembelajaran dilakukan seperti biasa, dan pemanfaatan elektronik sebagai media pembelajaran merupakan media tambahan dan sebagai bentuk inovasi pembelajaran. Berbeda dengan hal tersebut, e-learning selama masa pandemi baik di SMK N 1 Purbolinggo, SMK N 1 Way Hungur, berperan sebagai (subtitusi) pengganti pembelajaran di kelas. Hal tersebut berdampak pada ketidaksiapan guru PAI yang dipaksa melakukan inovasi pembelajaran secara mendadak.
Pembelajaran e-learning pada masa pandemi terkesan pragmatis karena guru memberikan tugas hanya sebatas memenuhi kubutuhan jam mengajar. Pembelajaran juga hanya menyentuh taraf how to know/transfer of knowledge, Hal tersebut menjadikan paradigma pendidikan melalui proses pembelajaran adalah hanya sebatas penghimpunan pengetahuan. Sementara value dari pembelajaran berupa perubahan sikap tidak dapat diamati secara integral. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran berlangsung melalui penugasan yang justru menjadikan beban bagi siswa.
Faktor pendukung dalam implementasi E-learning antara lain kuota internet yang dibagikan dari pemerintah maupun pihak sekolah, media elktronik berupa gadget yang sudah dimiliki oleh siswa.
Sementara Faktor penghambat dalam implementasi E-learning antara lain Metode yang digunakan guru kurang efektif, Akses Internet, Peserta didik kurang aktif, Kendala dari Segi SDM, Kendala dari Segi Materi Atau Bahan Ajar, Kendala dari Segi Infranstruktur.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PAI, E-Learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 08:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 08:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6439 |
Actions (login required)
View Item |